Rotator Cuff Robek

Tendon manset rotator terdiri dari empat tendon jauh di dalam sendi bahu yang menstabilkan serta memindahkan bahu dan lengan. Manset rotator cuff adalah hal yang umum pada individu yang lebih tua, dan biasanya karena keausan dan kerusakan dan penyembuhan yang terganggu.

Bisa juga karena mendapatkan robekan rotator cuff dari cedera traumatis ke bahu.

Robek rotator cuff rotatif berkembang dari waktu ke waktu dan biasanya karena ketidakseimbangan antara pemakaian sehari-hari dan robekan dan penyembuhan. Gejalanya dapat bervariasi, dengan banyak pasien tidak memiliki gejala sama sekali. Lebih dari separuh individu di atas usia 70 tahun akan memiliki manset rotator cuff asimtomatik.

Ketika bergejala, seseorang mungkin mengalami rasa sakit atau lemas di bahu, yang dapat merusak fungsi bahu. Rasa sakit dapat terjadi ketika mencoba mengangkat lengan, atau bahkan ketika berbaring dan tidur. Lemas di bahu dapat bermanifestasi sebagai ketidakmampuan untuk mengangkat lengan.

Tingkat keparahan robek rotator cuff dapat bervariasi. Robekan kecil dapat mempengaruhi setengah ketebalan atau setengah lebar tendon. Robekan yang lebih parah dapat menyebabkan seluruh tendon terlepas dari ikatan tulangnya, atau pelepasan lebih dari satu tendon.

Ada kemungkinan robekan kecil untuk berkembang dalam ukuran menjadi lebih besar seiring waktu.

Gejala dari robek parsial biasanya setuju untuk perawatan dengan fisioterapi dan kontrol nyeri. Modifikasi gaya hidup juga mungkin diperlukan. Robekan yang lebih besar dapat menyebabkan lemas permanen pada bahu.

Fisioterapi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memperbaiki fungsi bahu. Terkadang, suntikan steroid dapat membantu mengatasi rasa sakit. Steroid bagaimanapun dapat mempengaruhi integritas tendon dan dapat mempengaruhi tendon untuk robek lebih lanjut.

Robek simptomatik atau robekan besar mungkin berhasil diobati dengan perbaikan bedah tendon. Ini dapat dilakukan melalui operasi keyhole, atau melalui sayatan kecil di sisi bahu. Tujuan dari perbaikan bedah adalah untuk memasang kembali tendon ke tulang dari mana ia robek.

Tubuh kemudian perlu menyembuhkan tendon ke tulang. Mungkin memerlukan perlindungan hingga 6 minggu dalam penyangga tangan serta beberapa bulan fisioterapi untuk meningkatkan fungsi bahu.

Tendon robek yang sudah tua dan besar dapat menyebabkan otot yang melekat merosot dan jaringan parut. Ini bisa membuat robekan tendon tidak dapat diperbaiki bahkan dengan pembedahan. Bahu dengan robekan yang sangat tua juga dapat menghasilkan rasa sakit dan arthritis dengan waktu.

Jika seseorang sangat bergejala dari robek seperti itu, operasi penyelamatan lainnya dapat membantu meredakan gejala dan semoga meningkatkan fungsi bahu. Ini mungkin dalam bentuk perbaikan tendon parsial, penyisipan spacer subakromial balon, rekonstruksi kapsul superior, atau bahkan penggantian sendi bahu.
Setiap sobekan individu berbeda, dan perawatan terbaik biasanya disesuaikan untuk setiap individu dan gejala dan persyaratan fungsionalnya. Sebaiknya berkonsultasi dan dinilai oleh seorang ahli bedah bahu untuk menangani masalah ini.

Cari tahu lebih banyak tentang berbagai hal
Perawatan, Operasi, dan Layanan

Dr. Bernard Lee menyediakan di SportsInOrtho!

Hubungi Kami!

Isi detail Anda di bawah dan kami akan segera menghubungi Anda untuk mendiskusikan kasus Anda